Case: Transaksi yang mubah dalam Perbankan?

Menurut Buku Pintar Transaksi Syariah karangan Dr. Musthafa Dib Al-Bugha:

1. Transfer, yaitu mentransferkan uang ke tempat lain sebagai pengganti sejumlah harta tertentu, baik yang dikirim untuk pemiliknya sendiri (menerima) maupun untuk orang lain (mengirimkan). Kedua transaksi ini dibolehkan dengan sangat jelas. Adapun uang jasa yang diambil oleh bank merupakan upah yang dibolehkan syariat karena ia berperan sebagai fasilitator (nazhir).

2. Menerbitkan traveler cheque (cek perjalanan)

3. Memberikan pinjaman.

4. Menyewa brankas besi bagi yang berminat untuk menggunakannya untuk menyimpan uang

5. Jual-beli saham perusahaan, yaitu dengan sedikit mengambil upah yang diberikan oleh perusahaan yang mewakilkan jual-beli sahamnya kepada Bank.

6. memudahkan transaksi anarnegara.

Semua itu dilakukan Bank dengan sedikit imbalan (kepada bank) yang diberikan oleh pihak yang bertransaksi. Dalam transaksi keuangan ini terdapat sharf, yaitu jual beli uang dengan yang lain dan tukar menukar mata uang dengan mata uang yang lain. Keduanya dibolehkan syariat. Namun, seringkali orang-orang merasa kesulitan karena dalam transaksi sharf (valas) harus terjadi serah terima barang secara langsung di tempat transaksi (taqabudh). Padahal, dalam transaksi perbankan, serah terima tidak terjadi pada waktu yang sama, tidak di tempat yang sama, serta tidak dengan orang yang sama. Jawaban dari permasalahan ini adalah serah terima di tempat transaksi sudah terjadi ketika nasabah menerima tanda bukti dari bank. Tanda bukti ini cukup sebagai tanda sudah terjadinya penerimaan barang karena ia sudah mewakilkan kepada pihak bank untuk mengubah tanda bukti itu menjadi sejumlah uang tertentu untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s