Anjuran Bekerja atau Berniaga dalam Islam

Islam menganjurkan umatnya agar bekerja dan berniaga, menghindari meminta-minta dalam mencari harta kekayaan. Manusia memerlukan harta kekayaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk memenuhi perintah Allah seperti infaq, zakat, pergi haji, perang (jihad) dan sebagainya.

“Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung” (QS 62:10)

Harta yang paling baik menurut Rosululloh adalah yang diperoleh dari hasil kerja atau perniagaan, sebagaimana diriwayatkan dalam hadits berikut ini:

Ketika Rosululloh ditanya oleh Rafi bin Khudaij: Dari Malik bin Anas r.a “Wahai Rosululloh, pekerjaan apakah yang paling baik? Raosululloh menjawab “Pekerjaan orang dengan tangannya sendiri dan jual beli yang mabrur”. (HR. Ahmad dan Al-Bazzar At Thabrani dari Ibnu Umar)

“Harta yang paling baik adalah harta yang diperoleh lewat tangannya sendiri… “HR. Bazzar At Thabrani)

“Sesungguhnya Allah suka kalau Dia melihat hamba-Nya berusaha mencari barang dengan cara yang halal” (HR. Ath-Thabrani dan Ad-Dailami)

“Orang yang meminta-minta padahal dia tidak begitu membutuhkan (tidak terdesak) sama halnya dengan orang yang memungut bara api” (HR. Muslim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s