-belajar- Kurva Permintaan

Apa yang terjadi pada kurva permintaan jasa pesawat terbang antara New York City dan Washington DC jika terjadi:
Harga tiket pesawat menurun 20%

Kurva permintaan seseorang menyatakan unit barangjasa yang ingin dibeli dan dapat dibeli oleh orang tersebut pada beberapa tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Harga dan Permintaan berbanding terbalik. Pada harga yang turun, akan lebih banyak permintaan barang yang dibeli dikarenakan efek substitusi dan efek pendapatan. Jika harga suatu komoditas menurun, biasanya orang akan membeli barang ini lebih banyak dan dia akan menggunakannya untuk menggantikan barang lain yang harganya tetap. Daya beli orang tersebut akan naik, sehingga ia dapat membeli barang tersebut lebih banyak.
Pada grafik ditunjukkan bahwa kurva permintaan memiliki slope/kemiringan negatif. Kurva permintaan pasar menyatakan unit barang/jasa yang ingin dapat dibeli semua orang sdi dalam pasar pada berbagai tingkat harga, yang dinyatakan dengan persamaan Qd= f(P)

Untuk kasus di atas, harga tiket menurun, kurva permintaan tidak bergeser, namun akan terjadi peningkatan jumlah orang yang bepergian diantara NYC dan Washington DC

7 thoughts on “-belajar- Kurva Permintaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s