Enemies Of Ideas & Innovations

by Kay Allison (dengan penyesuaian)

Ketika ditanya, semua orang ingin dirinya bisa inovatif. Memunculkan hal-hal baru yang lebih bermanfaat dan bagi seorang pebisnis, ide kreatif yang mereka buat diharapkan dapat menghasilkan penghasilan.Ketika ide tersebut tidak muncul, mungkin bukan karena kita tidak kreatif, tapi terhalang oleh faktor-faktor yang tidak kita sadari.

Enemy one: I’m Afraid How I’ll Look to Someone Else

Pernah ngerasain hal ini? takut untuk dilihat, takut menunjukkan diri yang sebenarnya di depan teman-teman, atau kolega? U’re unique, di dunia ini tidak ada yang persis sama denganmu, so seharusnya kita semua memiliki kemampuan untuk menghasilkan solusi dan ide yang unik juga. Kemampuan itu tertutup manakala kita takut untuk being different from others, takut untuk mendapat penilaian berbeda dari orang lain. Mungkin karena kita memang terbiasa berada di zone nyaman (setuju wae lah) dan takut untuk mencoba hal baru.

Coba hal berikut ini: Tulis ketakutanmu (tentang apa saja, misal takut dimarahin ayah, takut kehilangan sahabat, dll pada selembar kertas). Setelah semuanya tertulis, periksa satu-satu.

Sudah? setelah itu di lembar sebelahnya tulislah apa yang dapat kamu perbuat dan impianmu, sebanyak-banyaknya.

Setelah itu, kembali ke lembar ketakutanmu, dan robek kertasnya. Make sure kamu benar-benar merobeknya. Setelah itu kamu fokus pada lembar action, lembar disebelahnya. Yang saya inginkan, kamu bisa fokus pada apa yang dapat kamu perbuat, then do it!

Enemy two: Having a Fixed vs A Fluid of view

Seringnya kita memandang permasalahan hanya dari satu sisi. Padahal jika kita memutar sedikit saja sudut dari point of view kita pada sebuah permasalahan, kita akan melihat lebih banyak kemungkinan yang terjadi.

Bisa kamu praktekkan kalau sedang berbicara dengan seseorang. Apa yang dipikirkan orang itu? apa yang bisa saya pelajari dari sana? Mengapa orang itu bsa berpikir seperti itu? Apa backgroundnya? Kenapa mereka ada di sini? Apa yang memotivasi mereka? dll.

Enemy tree: Listening for Logic vs Listening for Energy

Apa yang membuat orang-orang dalam tim anda bereaksi. Apa yang membuat orang tertawa? atau marah? Seringkali ide tidak diterima atau tidak mendapat masukan karena orang tidak begitu tertarik dengan cara penyampaian ide kita, atau sudah tidak simpatik duluan. Kita gunakan dulu energi baru menggunakan logika.

Enemy four: the believe that doing the same action, only harder will get a diferent result

Lakukan sesuatu yang baru, pergilah dari kebiasaan awal. Hal itu dapat menyegarkan kembali pikiranmu. Ingat, hasil yang berbeda tidak akan didapat dari proses yang sama. Menggambar, jalan-jalan selama 15 menit, peregangan, atau mendengarkan musik yang disuka. Kamu akan terkejut, ide yang akan tiba-tiba muncul. Kemudian tulis ide itu, dan share bareng teman se timmu.

Enemy five: Addiction to answer

Wah, biasanya kita memang gatel kalo ngeliat ada pertanyaan, apalagi kalau kita bisa menjawabnya. Memang baik mengetahui jawaban, tapi lebih baik lagi kalau kita tahu berbagai kemungkinan pertanyaan lain yang muncul disamping pertanyaan itu.

Enemy six: The believe that if subject is important, we need to be serious

Mintalah nasehat pada pakarnya. Menjadi sangat serius akan mematikan ide dan membuat tegang suasana. Be Fancyfull!!

Enemy Seven: Relying on your previous experience to create something new

Berimajinasilah, misalnya kamu sekarang sedang berbincang-bincang dengan Mahatma Gandi atau Barack Obama. Apa yang akan dijawab oleh mereka kalau kamu misalnya bertanya:

– menurutmu eminem itu gimana?

– kenapa orang suka coklat? (red)

– apa bisnis ini bisa diterapkan di negara manapun? negara anda? (red)

– produkku cocok tidak sih untuk segmen pasar ini? (red)

Cobalah untuk mencari jawaban dari orang-orang yang berbeda jalan hidup dengan kita. Tidak apa-apa meskipun kita hanya membayangkannya🙂

U’ve gotta try this😀 semoga sukses🙂

One thought on “Enemies Of Ideas & Innovations

  1. Ping-balik: Barack Obama » Enemies Of Ideas & Innovations

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s