Mr. China

mr-china1

Judul : Mr. China
Penulis : Tim Clissold
Penerbit : Pustaka Alvabet
Cetakan : I, September 2007
Tebal Buku : xiii + 350 halaman

waktu liat sampulnya,,, langsung tertarik. Jadi langsung saya beli saja buku itu dari rak di Palasari.

Buku karangan Tim Clissold dinobatkan menjadi “the economist book of the year” dengan nuansa negeri tirai bambu yang benar-benar kerasaa abiss. Dari mulai geografis China (Tibet, Shanghai 80-an, dll), perayaan, sampai menghadirkan tradisi hidangan dan minuman baijiu ala penyambutan tamu bagi China. Cocok sebagai salah satu referensi buku yang mesti kamu baca untuk kamu2 yang ingin trafeler ke China, ataupun membuka relationship disana. Buku ini menceritakan gelombang bidang ekonomi di China.

Tim memposisikan tokoh sebagai orang yang terjun langsung (orang barat(bankir)) Wall Street yang nekad untuk turut ambil bagian dalam praktek bisnis di negara China. Ia punya mimpi untuk membangun kerajaan bisnis di China dengan modal ratusan juta dolar. Namun hal yang harus ia sadari, bahwa Barat dan China merupakan 2 kebudayaan konfrotatif. Atas dasar itulah mereka menemui keadaan yang memaksa mereka bangkrut. Proyek bisnis yang telah dibangun sang bankir merosot tajam. Penyebabnya, sosio kultural China yang jadi acuan nilai kaum tirai bambu tersebut tidak bisa akur dengan kaidah-kaidah ekonomi Barat yang diterapkan si pebisnis.

Buku menarik yang memberi pelajaran pada kita (apalagi bagi pebisnis Indonesia) tentang perlunya memahami dan menyesuaikan kultur negara lain dengan negara nusantara sebagai langkah-langkah yang harus terus dijaga dalam menjalin hubungan agar tidak berbentrokan dengan nilai/kaidah bisnis negara manapun, baik itu China atau negara-negara Barat.

One thought on “Mr. China

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s