Ilmu Kognitif

Akal manusia dapat dibandingkan dengan sebuah program komputer yang berjalan pada “jaringan basah” biologi alih-alih pada perlengkapan elektronik. Ilmu kognitif adalah studi tentang proses mental yang merupakan sebuah penyelidikan tentang bagaimana sih akal dapat membuat kita berfikir dan berkomunikasi, dan bagaimana akal mengatur kelakuan manusia. Ilmu kognitif awal didasarkan pada ide bahwa otak adalah sebuah komputer yang sangat rumit. Sekarang, ilmu kognitif adalah cabang ilmu yang luas yang masih relevan dengan studi tentang kecerdasan artifisial. Ini dapat dibayangkan sebagai suatu pencarian terhadap teori “komputasi” tentang akal manusia. Banyak para perintis awal kecerdasan artifisial dahulunya juga seorang ilmuan kognitif, dan perkembangan ilmu kognitif dan komputer sangat terkait dengan erat.

Suatu pemahaman tata bahasa

Seorang ilmuan kognitif yang paling berpengaruh adalah ahli bahasa dan aktivis politik Amerika Noam Chomsky. Di tahun 1957, Chomsky mengajukan sebuah teori yang menyarankan bahwa otak manusia “telah terprogram” untuk memahami tata bahasa yaitu struktur logika dari bahasa. Dengan membangun tata bahasa ke dalam program komputer, para peneliti berharap bahwa komputer akan dapat memahami kalimat, menerjemahkannya dari satu bahasa ke bahasa yang lain, dan bahkan menghasilkan bahasa. Ini disebut sebagai pemrosesan bahasa alami.

Komputer yang berbicara

Selain pemrosesan bahasa alami, sebuah usaha dilakukan yaitu membuat program komputer yang dapat melakukan pembicaraan dengan manusia. Program pertama semacam ini adalah ELIZA, dibuat pada tahun 1966 oleh Joseph Weizenbaum, seorang ilmuan komputer yang bekerja di Massachusetts Institute Of Technology. Program ini sisesain untuk meniru sebuah “psikoterapi tak langsung”, merespon terhadap pernyataan masukan dari “pasiennya”. Ini adalah perkembangan yang signifikan. Tetapi yang dilakukan ELIZA sebenarnya adalah menganalisa pernyataan pasien dan menghasilkan pertanyaan langsung berdasarkan pada pernyataan itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s