Metodologi Keamanan Komputer (Basic)

Keamanan komputer memiliki cabang-cabang yang banyak. Dalam masalah pengamanan sistem, banyak yang harus diperhatikan. Seperti database, keamanan data, keamanan komputer, keamanan perangkat komputer, keamanan aplikasi, keamanan jaringan, dan keamanan informasi. Tingkat keamanan tersebut dapat digambarkan dalam bentuk tingkatan piramida keamanan.

1. Keamanan level 0

Merupakan keamanan fisik (physical security) sebagai tahap awal dari komputer security. Keamanan fisik merupakan jendela awal dari keamanan selanjutnya. Jika fisik terjaga, maka data-data dan hardware komputer otomatis akan dapat diamankan.

2. Keamanan Level 1

Terdiri dari database security, data, computer, device, dan application security. Untuk mengamankan database, komponen lainnya memiliki peran yang penting. Misal, jika kita ingin database aman, maka kita harus memperhatikan dahulu apakah application yang dipakai untuk membuat desain database tersebut merupakan application yang sdah diakui keamanannya, misalnya seperti Oracle. Kemudian kita memperhatikan data security. Data security adalah cara mendesain database tersebut. Seorang desainer database yang profesional memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada masalah keamanan dari database tersebut. Selanjutnya, device security merupakan alat-alat yang dipakai agar keamanan dari komputer terjaga, juga keamanan komputer tersebut. Keamanan komputer disini merupakan keamanan dari orang-orang yang tidak berhak untuk mengakses komputer tempat database tersebut.

3. Keamanan Level 2

Keamanan level 2 adalah network security, yang merupakan keamanan dari komputer yang terhubung ke jaringan, seperti LAN, WAN, maupun internet. Karena, komputer yang terhubung ke jaringan sangat rentan terhadap serangan, karena komputer server bisa diakses menggunakan komputer client. Oleh karena itu, setelah keamanan level 1 selesai dikerjakan maka keamanan level 2 harus dirancang supaya tidak terjadi kebocoran jaringan, akses ilegal, dan perbuatan-perbuatan yang dapat merusak keamanan tersebut.

4. Keamanan level 3

Keamanan level 3 adalah information security, yaitu keamanan iformasi-informasi yang kadang kala tidak begitu dipedulikan oleh administrator atau pegawai seperti memberikan password ke teman, kertas-kertas bekas transaksi, dsb. Namun hal tersebut bisa menjadi sangat fatal jika informasi tersebut diketahui oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

5. Keamanan level 4

Keamanan level 4 merupakan keamanan secara keseluruhan dari komputer. Jika level 1-3 sudah dikerjakan dengan baik, maka otomatis keamanan untuk level 4 sudah terpenuhi. Jika salah satu dari level tersebut belum bisa terpenuhi, maka masih ada lubang keamanan yang bisa diakses. Meskipun seluruh level telah memenuhi syaratpun masih belum menutup kemungkinan adanya penyusup atau user ilegal

6 thoughts on “Metodologi Keamanan Komputer (Basic)

  1. Ping-balik: Network Security | Gallardo LP570-4 Superleggera

  2. Ping-balik: tugas 3 | sandielyos

  3. Ping-balik: EDP Audit Materials & Cases « Hidayatullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s