Tips Mengelola Rumahku Syurgaku untuk Super Ummi yang Bekerja (1)

Me_SAMARAAssalamualaikum, hai, hellow ummi ummi yang cantik semua, apa khabar?

Semoga ummi selalu dilindungi dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT, aamiin,,

Bismillah… Ummi-ummi yang cantik-cantik dan baik, kali ini aku akan memberikan beberapa tips yang “Really work for me” sebagai ummi yang juga yang masih dalam tahap pembelajaran dan tahap-tahap awal pernikahan. Tips ini bisa berlaku bagi ummi-ummi yang masih belum mempunyai anak dan bekerja kantoran di kota-kota yang relatif tidak begitu sibuk, untuk jam kerja dari jam 8 pagi sampai jam 16.30 sore. Tips ini bisa digunakan bagi ummi-ummi yang ingin menyeimbangkan kehidupan pekerjaan ummi dengan kehidupan rumah tangga seperti mengurus suami, dan memenej rumah dengan sebaik-baiknya namun tidak memiliki khadimat/pembantu dirumah. Ok, let’s try this yaa ummi hhihihi:

  1. Bangun jam 04.15 pagi, bisa korupsi sih 15 menit sampai jam 04.30 hhihi,, tapi korupsinya cukup paling gede 15 menit yaaa ummi,, setelah itu bener-bener bangun langsung ke belakang, jangan liat lagi kasur yaa ummi, apalagi liat suami yg masih bergulung selimut, widihh,, ntar malah ngiler pengen bobok lagi krn rasa-rasa masih ngantuk hhihi…
  2. Setelah bangun, ummi bisa mengikuti sunnah Rosululloh yaitu mandi sebelum shubuh, waahh, itu syegerrr banget loh, membuat badan terasa vit dan segar.
  3. Setelah itu, pergilah ke dapur, jangan dandan dulu ya ummi, pergi ke dapur dulu, lalu siapkan semua bahan-bahan makanan yang menurut ummi sebagai menu hari itu. Menunya menu borongan yaa umi, untuk sarapan + makan siang dan makan malam yaa… kenapa? Karena ummi pulang kantor sudah sore, untuk ummi yang rumahnya deket dari kantor, dan masih sempat masak, tidak apa-apa makanan yang dimasak hanya untuk pagi dan siang, namun kalau rumahnya jauh dan sampai dirumah sudah sangat sore menjelang malam, ada baiknya ummi memasak menu lengkap yaa supaya ummi tidak terlalu capek untuk mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Menurutku yah ummi, memasak pagi minimal untuk sarapan adalah bentuk bahasa cintaku untuk suami hhehe, aku kasihan melihatnya pergi ke kantor dengan perut kosong dan jajan di kantin, karena tempat bekerja suami jauh dari rumah, bisa-bisa masuk angin, lagian belum tentu jajanan kantin itu sehat, kalau masakan kita, kita bisa menakar bahan-bahan sehat yang diperlukan. Jadi menurutku, sarapan sehat itu perlu😀
  4. Sholat Shubuh, jangan lupa bangunin suami yaaa hhihihi😀
  5. MASAK !! yapp, ummi mulai memasak menu hari itu. Pilihlah menu-menu yang bisa dimasak untuk durasi paling lama sekitar 1-1,5 jam. Ntar postingan selanjutnya aku share menu-menu yang bisa ummi masak dalam durasi 1 jam yaaa.. paling lama ummi harus memasak sampai jam 6 pagi teng yaaa… Setelah itu ummi mencuci dan merapikan piring-piring dan peralatan memasak yang telah digunakan.
  6. Ummi ingetin suami untuk menjemur pakaian,, hhihii,,, lhoo, kenapa bukan ummi yang menjemur pakaian? Begini, ada baiknya, ummi berbagi kerjaan juga kepada suami, tapi dalam porsi yang kecil, seperti ummi yang mencuci, suami yang menjemur pakaian, atau ummi yang mengepel, suami yang menyapu rumah. Fungsinya apa, fungsinya biar suami juga terbiasa menolong kita saat kita sedang sakit atau sedang dinas luar kantor. Tapi kalau ummi merasa bisa menghandle semua dengan baik tanpa perlu bantuan suami, itu lebih baik hhehe.
  7. Sarapan bersama. Penting loh, karena saat sarapan adalah saat dimulainya kebersamaan pada hari itu, dan saat dimulainya keromantisan hari itu hhihi,, ummi ambilkan nasi untuk suami,,trus suami menoleh dan tersenyum,, widiww,, bikin rumah tangga makin mesra aja hhehe.
  8. Cuzz ke kantor. Hati-hati di jalan yaa ummi dan suami hhihihi😀
  9. Pulang sore hari, pulang ke rumah, jangan lupa buka pintu dulu sebelum masuk ke rumah yaa hehhee,,
  10. Setelah ganti baju, ummi jangan lupa angkat jemuran lalu mengangkatnya ke tempat setrikaan. Setelah itu isi air mesin cuci yaa ummi, untuk mencuci baju ummi dan suami pada hari itu. Setelah itu, menjemurnya bisa langsung dijemur, atau dijemur keesokan harinya.
  11. Ummi bisa mengepel lantai yang sudah disapu oleh suami, ngepelnya bisa sehari sekali atau dua hari sekali, tergantung kebutuhan hhihi…

12.Persiapkan makan malam bersama, dan makan malam bersama yaa ummi😀 setelah itu jangan lupa piringnya dicuci  kembali hhihi, biar tidak menumpuk. Disini sih biasanya suamiku bantu ngebilas, kalo lagi mood hhihihi.

  1. Done😀 ,, Ummi bisa bersantai, mau menonton, tidur, atau seneng-seneng bareng suami. Maklum,, masih harum-harum honey moon hhihihi😀

Alhamdulillah… Itu sedikit tips dariku yang really work dech,, bisa ummi cobaa😀 . Tell me if it works for u yaaa by comment on below😀

Apa itu Preposisi – belajar Logika-

Logika merupaan cara berfikir nalar yang benar, dan kita tidak dapat melakukannya tanpa mengetahui dimana pengetahuan yang menjadi premisnya. Bila kita lihat ada sebuah bangunan, maka premis merupakan batu, pasirnya, dan penalaran merupakan bagan atau arsitekturnya. Dengan memiliki semen, pasir, batu, serta arsitektur yang baik, maka bangunan tersebut akan indah dan kokoh, seperti premis yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan akan menghasilkan kesimpulan yang benar.

Premis-premis disalurkan dalam bentuk kata-kata yang merupakan pernyataan pikiran manusia, kadang-kadang mengungkapkan keinginan, perintah, harapan, cemooh, kekaguman, dan pengungkapan realitas tertentu baik dinyatakan dalam bentuk positif maupun negatif. Premis yang dapat dinilai benar dan salahnya disebut preposisi.

Misalnya:

Ani adalah manusia yang sabar

Shakespeare bukan pemimpin militer

 

Semua kalimat yang mengungkapkan keinginan dan kehendak, bukan preposisi, seperti:

Semoga Tuhan selau melindungimu

Alangkah cantiknya gadis itu

 

Mengukur benar dan salahnya Preposisi didasarkan pada sesuai atau tidaknya dengan kenyataan empiriknya, ada atau tidaknya pertentangan dalam pernyataan tersebut.

 

Case: Transaksi yang mubah dalam Perbankan?

Menurut Buku Pintar Transaksi Syariah karangan Dr. Musthafa Dib Al-Bugha:

1. Transfer, yaitu mentransferkan uang ke tempat lain sebagai pengganti sejumlah harta tertentu, baik yang dikirim untuk pemiliknya sendiri (menerima) maupun untuk orang lain (mengirimkan). Kedua transaksi ini dibolehkan dengan sangat jelas. Adapun uang jasa yang diambil oleh bank merupakan upah yang dibolehkan syariat karena ia berperan sebagai fasilitator (nazhir).

2. Menerbitkan traveler cheque (cek perjalanan)

3. Memberikan pinjaman.

4. Menyewa brankas besi bagi yang berminat untuk menggunakannya untuk menyimpan uang

5. Jual-beli saham perusahaan, yaitu dengan sedikit mengambil upah yang diberikan oleh perusahaan yang mewakilkan jual-beli sahamnya kepada Bank.

6. memudahkan transaksi anarnegara.

Semua itu dilakukan Bank dengan sedikit imbalan (kepada bank) yang diberikan oleh pihak yang bertransaksi. Dalam transaksi keuangan ini terdapat sharf, yaitu jual beli uang dengan yang lain dan tukar menukar mata uang dengan mata uang yang lain. Keduanya dibolehkan syariat. Namun, seringkali orang-orang merasa kesulitan karena dalam transaksi sharf (valas) harus terjadi serah terima barang secara langsung di tempat transaksi (taqabudh). Padahal, dalam transaksi perbankan, serah terima tidak terjadi pada waktu yang sama, tidak di tempat yang sama, serta tidak dengan orang yang sama. Jawaban dari permasalahan ini adalah serah terima di tempat transaksi sudah terjadi ketika nasabah menerima tanda bukti dari bank. Tanda bukti ini cukup sebagai tanda sudah terjadinya penerimaan barang karena ia sudah mewakilkan kepada pihak bank untuk mengubah tanda bukti itu menjadi sejumlah uang tertentu untuk diserahkan kepada yang berhak menerimanya.

Pemeluk Akhir

Biarkanlah aku menjadi pemeluk akhir yang lengkap

Biarkanlah itu menjadi sebuah penguat

Bukan hanya menjadi sebuah alasan untuk hidup

Bisa dibilang itu adalah sebuah harapan yang lugas

Menginginkan sesuatu yang belum tentu bisa kupeluk

Tetapi hal itu lebih indah jika dibandingkan hanya duduk atau meringkuk di pembaringan

Dengan tetesan air mata setitik, dua titik,

Aku hanya berlari, mengejar matahari yang sesuai jalur

Barangkali jika aku beruntung, aku akan meneruskannya bersama kekasih hidup

Biarlah Allah yang memberikan izinnya

Biarkan Ia mengizinkanku menjadi pemeluk akhir.

 

 

Restu

Jangan Kau Tukar Kebahagiaanmu Dengan Kesibukan yang Memenjarakan.

Aku tidak mau… meskipun aku memiliki segudang mimpi yang ingin kucapai, aku tidak ingin apa yang kulakukan memenjarakanku untuk tidak merasakan kebahagiaan. Yang kulihat orang mengejar apa yang ingin dicapainya sampai lupa indahnya rasa syukur ketika bangun di pagi hari merasakan kesegaran udara pagi dan kokok ayam.

 Aku tidak ingin melupakan apa itu senyuman ketika keharusan akan kesibukan untuk mengejar karir melupakan waktu untuk sekedar tersenyum meneburkan rasa kebahagiaan walau hanya beberapa detik.

Aku tidak ingin apapun kesuksesan yang ingin kucapai menjauhkanku dari keluargaku yang sebenarnya, yang seharusnya disanalah kebahagiaan setiap orang berada, siapakah yang lebih tulus mencintai daripada keluarga? Aku bisa bebas menjadi apapun dan menumpahkan apapun hanya dalam syurga itu, keluarga.

Aku tidak ingin, ketika penghargaan-penghargaan yang kuraih hanya akan menjadikanku melakukan sesuatu hanya karena ingin dilihat orang, dan akhirnya memenjarakanku untuk hanya melakukan yang orang sukai, bukan melakukan apa yang seharusnya kulakukan. Aku ingin melakukannya semata-mata ingin membuat sebuah karya yang indah, yang mungkin bisa memudahkan orang-orang untuk hidup.

Bagiku tidak ada istilah I hate Monday, I love Saturday. Hari senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu, dan minggu adalah sama. Semuanya adalah sebuah hadiah yang Allah SWT berikan kepadaku untuk dapat dinikmati dan disyukuri. Apalah arti aku jika tanpa waktu? Aku hanyalah terdiri dari kumpulan waktu. Semakin cepat kau merindukan hari Sabtu, semakin cepat berkurang jatah umurmu di dunia.

Aku melakukan sesuatu dengan senang, meskipun untuk sesuatu yang tidak aku sukai. Karena aku malu jika Allah mendapatiku berkeluh kesah terhadap nikmat berlimpah yang ia beri, untuk nafas yang tidak putus, untuk bisa sarapan lezat di pagi hari, untuk bisa mendengarkan alunan music winamp dari kompie ku, dan untuk bisa menekan tombol keyboard untuk berbagi tulisan di wordpress hari ini. Alhamdulillah.

Berkaryalah, sebanyak-banyaknya. Bekerjalah. Berniagalah, kemudian Allah dan orang-orang beriman akan melihat hasil karyamu.

Belajar Laporan Keuangan Bank Syariah (PSAK 101)

Laporan keuangan Bank Syariah yang lengkap terdiri atas:

(a) Neraca

(b) Laporan Laba rugi

(c) Laporan arus kas

(d) Laporan perubahan Equitas

(e) Laporan perubahan dana investasi Terikat

(f) Laporan Rekonsiliasi Pendapatan dan Bagi Hasil

(g) Laporan Sumber dan Penggunaan dana zakat

(h) Laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan dan

(i) Catatan atas Laporan Keuangan.

Pertanyaan 1:

Apakah perbedaan mendasar antara PSAK Syariah dan AAOIFI dalam kerangka dasar penyusunan dan penyajian laporan keuangan syariah?

Kerangka dasar Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah(PSAK) :

1. Penyusunan standar akuntansi keuangan syariah, dalam pelaksanaan tugasnya.

2. Penyusunan laporan keuangan, untuk menanggulangi masalah akuntansi syariah yang belum diatur dalam standar akuntansi keuangan syariah.

3. Auditor, dalam memberikan pendapat mengenai apakah laporan keuangan disusun sesuai dengan prinsip akuntansi syariah yang berlaku umum.

4. Para pemakai laporan keuangan, dalam menafsirkan informasi yang disajikan dalam laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standard akuntansi keuangan syariah.

Kerangka dasar akuntansi AAOIFI mengeluarkan tujuan akuntansi keuangan untuk lembaga keuangan syariah adalah:

1. Dapat digunakan sebagai panduan bagi dewan standar untuk menghasilkan standar yang konsisten.

2. Tujuan akan membantu bank dan lembaga keuangan syariah untuk memilih berbagai alternatif metode akuntansi pada saat standar akuntansi belum mengatur.

3. Tujuan akan membantu untuk memandu managemen dalam membuat pertimbangan / judgement pada saat akan menyusun laporan keuangan.

4. Tujuan jika diungkapkan dengan baik akan meningkatkan kepercayaan pengguna serta meningkatkan pemahaman informasi akuntansi sehingga akhirnya akan meningkatkan kepercayaan atas lembaga keuangan syariah.

5. Penetapan tujuan yang mendukung penyusunan standar akuntansi yang konsisten. Ini seharusnya dapat meningkatkan kepercayaan pengguna laporan keuangan.

Pertanyaan 2:

Siapakah pengguna Laporan Keuangan Syariah?

Pemakai Kebutuhan menurut PSAK Syariah:

1. Investor sekarang dan Investor potensial (karena mereka akan memutuskan apakah akan membeli, menahan, atau menjual investasi atau penerimaan dividen.

2. Pemilik dana Qardh, untuk mengetahui apakah dana qardh dapat dibayar pada saat jatuh tempo.

3. Pemilik dana syirkah temporer, untuk pengambilan keputusan pada investasi yang memberikan tingkat pengembalian yang bersaing dan aman.

4. Pemilik dana titipan, untuk memastikan bahwa titipan dana dapat diambil setiap saat

5. Pembayar dan penerima zakat, infaq, sedekah, dan wakaf. Untuk informasi tentang sumber dan penyaluran dana tersebut.

6. Pengawas syariah, untuk menilai kepatuhan pengelolaan lembaga syariah terhadap prinsip syariah.

7. Karyawan, untuk memperoleh informasi tentang stabilitas dan profitabilitas entitas syariah.

8. Pemasok dan mitra usaha lainnya, untuk memperoleh informasi tentang kemampuan entitas membayar utang pada saat jatuh tempo

9. Pelanggan, untuk memperoleh informasi tentang kelangsungan hidup entitas syariah

10. Pemerintah serta lembaga-lembaganya, untuk memperoleh informasi tentang aktifitas entitas syariah, perpajakan, serta kepentingan nasional lainnya.

11. Masyarakat, untuk memperoleh informasi tentang kontribusi  entitas terhadap masyarakat dan negara.

Pemakai Laporan Keuangan menurut AAOIFI adalah:

Pemegang saham, pemegang investasi, Pemilik dana (bagi deposan Bank), Pemilik dana tabungan, Pihak yang melakukan transaksi bisnis, pengelola zakat, Pihak yang mengatur.